Copyright © motegum
Design by Dzignine
Sabtu, 01 September 2012

Teknologi Bioproses

Teknologi Bioproses adalah salah satu jurusan dari 2 jurusan yang ada di Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Pada awalnya, jurusan ini merupakan peminatan (cabang konsentrasi) dari jurusan Teknik Kimia di departemen tersebut. Tetapi kemudian karena adanya perkembangan zaman serta prospek yang menjanjikan plus perkiraan akan diperlukannya lulusan teknologi bioproses maka peminatan tersebut dijadikan jurusan tersendiri sejak tahun 2008. Angkatan pertama jurusan tersebut akan diwisuda pada tahun 2012. Selain di Universitas Indonesia, Program Studi Teknologi Bioproses juga terdapat di beberapa perguruan tinggi lain, yakni UGM, Unbraw dan yang paling pertama adalah Al-Azhar. Selain itu, kabarnya ITB juga akan membuka program studi teknologi bioproses pada tahun 2012 ini.



Lalu, seperti apa teknologi bioproses itu? Apa saja yang dipelajari? bagaimana prospek kerjanya dan apa perbedaanya dengan teknik kimia, serta bioteknologi yang ada di prodi Biologi FMIPA UI? Saya akan coba mengulas hal tersebut.

Teknologi bioproses adalah program studi yang mempelajari mengenai operasi, proses dan berbagai hal berkenaan dengan mikroorganisme dan juga reaksi-reaksi kimia yang terjadi pada mahluk hidup serta disebabkan oleh mahluk hidup tersebut. Mikroorganisme tersebut meliputi bakteri, jamur, alga, spora serta virus. Materi yang dipelajari pada prodi tersebut mirip dengan teknik kimia. Sebagai perbandingan sederhana, (terimakasih kepada kak Kenny) apabila teknik kimia diibaratkan nasi, maka teknologi bioproses diibaratkan lontong. Keduanya sama-sama terbuat dari beras, tetapi berbeda pengemasannya. Begitulah kira-kira perbedaan kedua prodi yang ada dalam satu departemen tersebut. Teknologi bioproses dapat memberikan peranan yang cukup besar dalam berbagai bidang di kehidupan manusia seperti bidang farmasi, pangan, serta energi.

Pada bidang farmasi, Sarjana Teknologi Bioproses dapat melakukan rekayasa proses pembuatan dan pengemasan serta pengawetan obat-obatan melalui proses produksi yang melibatkan mikroorganisme,. Selain itu, luusan biop juga bisa berkiprah di bidang vaksin. Sementara dalam bidang pangan, mereka dapat melakukan kontribusi dengan melakukan pengolahan pangan, pengawetan pangan, serta berperan dalam bidang bahan baku pangan (pertanian) seperti dengan memproduksi bibit unggul secara massal. Dalam bidang energi, Sarjana Biop (begitu jurusan ini sering disebut mahasiswa teknologi Bioproses UI) dapat melakukan rekayasa produksi bahan bakar sehingga menghasilkan bahan bakar dengan kualitas tinggi serta ramah lingkungan sehingga mampu memberikan solusi bagi kebutuhan terhadap energi berkelajutan, seperti biodiesel maupun bioethanol. Tetapi dalam semua bidang tersebut, sarjana biop menjalankan peranannya tanpa terlepas dari 'sahabatnya' yakni mahluk hidup, termasuk mikroorganisme. Sebagai contoh, dalam mengawetkan makanan, mereka mengendalikan mikroorganisme yang ada pada makanan sedemikian rupa sehingga makanan dapat awet dan aman dikonsumsi.

Lalu apa perbedaan antara teknologi bioproses dan bioteknologi yang ada di prodi Biologi FMIPA UI? Jawabannya adalah pada skala. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, beberapa kali saya menyertakan kata-kata "massal". Mengapa? Karena di sanalah letak perbedaan antara bioteknologi dan teknologi bioproses. Secara sederhana, bioteknologi berperan untuk menemukan dan menciptakan sesuatu yang baru, sedangkan teknologi bioproses berperan untuk memproduksi produk bioteknologi secara massal (skala industri). Melalui produksi skaa industri tersebut, harga produk menjadi lebih terjangkau. Hal tersebut dilakukan sebab walau bagaimanapun, apabila produk bioteknologi bermanfaat tetapi tidak dapat dijangkau seluruh kalangan, maka hal tersebut tidak akan begitu berarti bagi masyarakat banyak.

Nah, bagaimana sekarang, apakah sudah cukup terbuka wawasannya mengenai teknologi bioproses? Saya lanjut yaa..

Mungkin ada juga yang ingin mengetahui beberapa gambaran lain mengenai teknologi bioproses. Sedikit gambaran, teknologi bioproses dapat berkiprah untuk mewujudkan beberapa hal seperti plastik yang biodegradable, biomaterial, serta pengolahan limbah yang efisien baik melalui metode membrane filter maupun metode lainnya. Semua itu bisa dicapai dengan memanfaatkan bahan alam, tumbuhan, dll. Cakupan bioproses sangat luas, bagi saya pribadi.

Kemudian, apa saja yang dipelajari? Sejauh ini dalam semester pertama (yang baru saja saya lalui sepuluh hari yang lalu) beberapa materi yang dipelajari bersangkutan dengan reaksi kimia, proses-proses pencampuran, jenis pemisahan/separasi, serta beberapa hal mengenai mikroorganisme terutama pertumbuhan dan cara pengendaliannya.

Tambahan, di semester dua saya juga mempelajari tentang mikroorganisme dan materi lain mengenai biologi. Selain mata kuliah prodi, saya juga mempelajari fisika dasar, kimia analitik, bahkan aljabar linier.

Adapun prospek kerja sarjana teknologi bioproses bisa dilihat di blog senior saya :
silahkan klik di sini, dan update-an dari beliau : link (Silahkan klik).

Semoga semua ini membantu, apabila masih ada hal-hal yang ingin diketahui lebih lanjut, silahkan bertanya melalui komentar di blog ini atau langsung ke froum motegum dan memulai sebuah diskusi. Apabila ada yang berminat masuk ke Prodi Teknologi Bioproses UI, saya siap sedia membantu dengan memberi informasi yang saya ketahui. :)

24 komentar:

  1. saya sekarang duduk di kelas XII IPA,
    tulisan kakak sangat membantu sekali. Tapi bingung nih, lebih baik mengambil bioteknologi di univ swasta apa ambil bioproses di UI? lalu sebenernya, bagusan bioproses UI apa bio-engeenering di ITB ya kak? terimakasih kak :)

    BalasHapus
  2. Halo Jennifer :)
    alhamdulillah, terimakasih ya sudah mau berkunjung. Mohon maaf banget aku kurang tahu tentang kualitas bioteknologi di Univ swasta seperti apa, tapi kalau aku jadi kamu, aku bakalan prioritasin UI soalnya (mungkin) biayanya relatif lebih terjangkau, banyak juga peluang beasiswanya, soal biaya lebih fleksibel deh kalau di PTN, kalau PTS mungkin agak lebih ketat. Selain itu, kualitasnya juga sudah bisa dilihat di tingkat dunia (secara keseluruhan). Tapi karena pertanyaannya biotek dan bioproses, ya beda kan yang satu meneliti2 gitu, yang satu lagi memproduksi secara massal produk biotek, jadi saranku ikuti passion kamu aja mau di mana, apa pengen kerja di lab2 jadi penemu atau pengen kerja di industri dan pabrik, merancang pabrik dan produk..kalau yg kedua, boleh pilih biop. Tapi gak menutup kemungkinan km membuat teknologi baru dengan mengambil prodi biop. Pertanyaan kedua, saya juga tidak bisa men-judge Biop UI lebih baik dibandingkan bioengineering ITB, soalnya sy juga belum pernah kuliah di ITB, apalagi hal2 kaya gitu kan sifatnya relatif. Meskipun demikian (hehe) Biop UI sudah lebih dulu berdiri, sudah mengalami perubahan kurikulum (disesuaikan dengan kebutuhan), sedang dalam proses akreditasi dan sudah ada lulusannya. Jadi, apakah lebih baik atau tidak aku gk bisa judge,dikembalikan lagi ke kamu mau liatnya dari sudut pandang mana. Seniorku juga udah ada yg diterima kerja di perusahaan2 besar..pengen banget bisa kaya mereka :P Mungkin utk lebih tahu ttg bioengineering bisa lihat tujuan prodinya yg ada di http://www.masukitb.com/c/2621

    BalasHapus
  3. Saya sekarang kelas 3 SMA program IPA.
    Yang saya lihat di website UI, di jurusan teknologi bioproses, ada mata kuliah perpindahan kalor, neraca massa, desain alat2, teori kinetik gas, dan mengenai fluida2. Sebenarnya, apa hubungannya pelajaran2 tersebut dengan teknologi bioproses? Apakah di bioproses juga dipelajari fermentasi, perkembangan jamur dan virus secara khusus? Kalau saya lihat di jurusan bioteknologi di atmajaya jakarta, ada pelajaran2 seperti itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo anthony, wah kerenkamu sudah lihat matakuliah saya :)
      Jadi, teknologi bioproses itu nanti dipenghujung jalan akan dihadakan dengan produk dan pabrik. Nah,di sini dipelajari cara mendesain sebuah produk serta mendesain pabrik (misal perpipaannya seperti apa, bentuk reaktornya seperti apa, suhu dan tekanan reaktornya berapa, bentuk kemasan produk seperti apa, bagamana panas berpindah dari reaksi biokimia, bagaimana enzim penggunaannya seefektif mungkin dll dalam skala industri semuanya). Jadi, karena itu pula bioproses masuknya fakultas teknik bukan MIPA. Kalau kamu mau mempelajaripertumbuhan mikroba dan berbagai hal ttg mikroba sebaiknya masuk ke biologi lalu mengambil fokus di mikrobiologi. Tapi, kalau kamu mau tahu ke aplikasinya di skala industri, silahkan masuk bioproses, karena di sini kamu akan mendapat semua itu. Bukan hanya mempelajari mikrobiologi,biologi molekuler, tapi juga mekanika fluida, perpindahan kalor, rekayasa biokimia bahkan rekayasa genetika. Semuanya akan membantu kamu dalam menysun skripsi dan desain pabrik/produk.

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum kak.. Saya sekarang duduk di kelas XII IPA salah satu SMA di Cirebon,
    kalo perbedaan bioproses sama bioengineering apa kak? Jujur, saya memang minat ke arah sana tapi bingung apa bedanya. Sama kiat-kiat masuk UI apa sih kak? Soalnya masuk UI sebenernya cita-cita saya dari kecil. hehehe
    Makasih ya kak sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo hafsah :)
      Sebenarnya utk itu saya juga agak bingung, "sepertinya sih" bioengineering (yg kalau gak salah sudah dibuka di ITB) mirip dengan teknologi bioproses UI. Intinya, keduanya akan berujung pada aplikasi biotek di skala industri, jadi tidak hanya mempelajari biotek skala lab tapi juga bagaimana mlakukan scale-up ke skala industri, seperti mendesain pabrik serta produk. Mata kuliahnya juga menuju ke arah sana, bisa dilihat di jawabanku utk pertanyaan anthony :)

      Hapus
  5. alhamdulillah bgt ada kaka yg baik ini mau berbagi :) terimakasih ya ka,postingannya sangat membantu . insya allah saya sedang berusaha dan berdoa semoga saya bisa masuk biop UI . dari yg kaka kasih saya bisa nangkep kalo biop itu campuran bio kimia . mengikuti kata hati saya emg seneng dengan pelajaran bio . ya mudah mudahan saya bisa masuk . untuk masalah prospek saya yakin biop punya prospek yang bagus . saya masih butuh info nih ka,bisa minta contact kaka :) terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah alhamdulillah :) Semangat terus ya Cinthia..! Sukses ya, aku tunggu di Departemen Teknik Kimia FTUI :)

      Bisa contact aku lewat fb saja (ada di sidebar kiri blog) atau email di teguh_sukabumi@yahoo.co.id

      Hapus
  6. kak saya kelas 12 n mau msuk ke t.bioproses tapi masih bingung apakah t.bioproses di ui dan univ. brawijaya itu sama? takutnya nanti salah masuk jurusan tolong direply y kak, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu bioproses di unbraw seperti apa, tapi setahu saya di sana lebih fokus ke pangan dan peternakan sementara bioproses UI tidak demikian, semoga membantu :)

      Hapus
  7. assalamualaikum kak, makasih banget ya udah nge-post entri yg bermanfaat banget :D aku sekarang emang masih kelas XI Ipa, tapi lagi bingung mau pilih antara teknik biop dan teknik lingkungan UI. itu kesamaan-nya apa ya kak? kira kira tau gak kak ttg info teknik lingkungan UI? boleh minta sedikit share nya? terimaksih kak.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf banget aku baru aktif agi ngeblog sekarang..baru sempat balas -.-
      Teknik lingkungan satu departemen dengan teknik sipil sementara teknologi bioproses satu departemen dengan teknik kimia. Mirip iya sedikit banget, tapi beda. Mudah-mudahan dari situ bisa kelihatan bedanya yaa :)

      Hapus
  8. oiya kak, apa tek. biop itu kimia lebih mendominasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kimia banyak di awal, makin menuju semester akhir makin banyak mata kuliah yang "baru" dan tidak diajarkan di SMA. Ada juga gabungan kimia dan fisika : physical chemistry dan juga matkul yang fisika banget, biologi banget juga ada

      Hapus
  9. sepertinya ini bukan jurusan yang bisa dianggep enteng ya ka, ibarat cabe rawit, kecil" tapi pedesnya sampe lambung haha jadi semakin tertarik saya dengan jurusan ini. saya bisa melihat betapa dibutuhkannya lulusan biop pada 10-20 tahun lagi, apalagi di luar negeri yang sedang gencar-gencarnya memanfaatkan ilmu ini untuk mengganti sumber daya yang hampir punah. doakan saya supaya bisa menjai maba biop ui 2013 :))

    BalasHapus
  10. Kak sekarang aku kelas sebelas dan aku mau masuk teknik bioproses
    Masuk jurusan bioproses UI susah ga sih kak? Dan sebenernya jurusan ini banyak diminati atau tidak kak? Terima kasihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf aku baru bisa balas nih karena kmrn lupa ID sama password buat blogger..

      Persaingannya cukup ketat, karena kursi yag tersedia sedikit. Tapi kalau dipikir-pikir lagi sih jurusan lain juga sama aja sedikit, karena peminat di mana-mana banyak. Peminat untuk biop kalau dibandingkan dengan yang lain sptnya cukup sedikit, ;)

      Hapus
  11. Kak, jurusan ini mata pelajaran paling dominan apa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf aku baru bisa balas nih karena kmrn lupa ID sama password buat blogger..

      Biologi, kimia, fisika

      Hapus
  12. Kak mau nanya beberapa hal nih
    1. Dibanding dengan teknik kimia apakah teknologi bioproses ini juga mengedepankan hitungan daripada menghapal atau justru mengedepankan menghapal daripada menghitung?
    2. Apakah program studi teknologi bioproses ini menjalin kerjasama dengan universitas2 di dunia?
    3. Apakah prospek kerja fresh graduated teknologi bioproses lebih baik daripada teknik kimia atau justru sebaliknya?
    Mohon jawabannya ya kak, saya lagi duduk di bangku kls 12 di smk 5 sby dan setelah ini saya akan naik ke kelas 13 (program belajar sekolah saya 4 tahun)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf aku baru bisa balas nih karena kmrn lupa ID sama password buat blogger..

      1. Hitungan, hapalan untuk bbrp teori dasar, rule of thumb dan pemahamannya.
      2. Setahu saya belum ada exchange spesifik, tapi untuk dosen kemarin ada Prof.Yonemoto dan Prof.Masafumi Yohda dari Jepang. Untuk mahasiswa skg saya di TUAT Tokyo, Jepang (MoU UI dan TUAT, tapi tidak spesifik biop, walaupun bidangnya biop, mahasiswa FMPIA dan FK juga bisa ikut). Untuk exchange dll tergantung usaha individu masing-masing, termasuk dalam mencoba apply ;)
      3. Teknik kimia lebih dikenal dibanding biop, usia jurusannya juga beda ;) soal rezeki/kerja gimana usaha masing-masing bisa beda2 tiap orang, gbs digeneralisir kayanya

      Semangat!

      Hapus
  13. ka' boleh nanya ga'?? kuota teknologi bioproses UI 2015 brapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo maaf aku baru bisa balas nih karena kmrn lupa ID sama password buat blogger..

      Halo Deka, boleh.
      Sekitar 60 mahasiswa

      Hapus